KEGIATAN PENGUATAN PAUD BERBASIS KELUARGA (PARENTING)

——————————————–

BENTUK-BENTUK KEGIATAN

1. KELOMPOK PERTEMUAN ORANGTUA (KPO)

2. KETERLIBATAN ORANGTUA DI KELOMPOK/KELAS ANAK

3. KETERLIBATAN ORANGTUA DALAM ACARA BERSAMA

4. HARI KONSULTASI ORANGTUA

5. KUNJUNGAN RUMAH

Disampaikan pada Pelatihan ORTEK di hotel Grand Wahid disusun kembali oleh : KARTONO, ST.

(Sumber : Buku Pedoman Teknik Program Penguatan PAUD Berbasis Keluarga/Parenting, Direktorat PAUD,

Dirjen PNFI Kementerian Pendidikan Nasional, 2010)

——————————————–

A. TAHAP PERSIAPAN

Pertemuan pertama waktu yang tepat untuk pencarian data tentang peta masalah berhubungan dengan keterminatan dan keberlangsungan tentang pertemuan orangtua peserta didik dangan tim pendidik dan yayasan lembaga PAUD.

Format kuisioner meliputi pertanyaan sbb :
– Umur, jenis kelamin, anak ke:…
– Pendidikan terakhir orangtua, pekerjaan orangtua, dalam satu rumah tangga
apakah ada orang lain seperti kakek/nenek atau yang lain.
– Dalam 6 bulan terakhir apakah orangtua aktif di dalam pertemuan orangtua dan
guru ?
– Apa masalah utama terhadap pola asuh anak di rumah.
Lembar kuisioner dibuat dalam bentuk “Kartu masalah dengan ukuran kertas 6 x 10 cm.

Lembar isian profil orangtua peserta didik dari lembaga PAUD bersangkutan. Lembar isian profil orangtua lebih detil karena dilengkapi data lembaganya.
Isinya antara lain :
– Nama lembaga PAUD :
– Tanggal pendirian :
– No. SK pendirian :
– Alamat lengkap lembaga :
– Jumlah peserta didik :
a. putra :
b. putri :
– Jumlah pendidik :
– Berapa pendidik yang telah mengikuti ortek pendidik PAUD tingkat provinsi :
– Apakah lembaga sudah pernah pendapatkan bantuan blockgrant/
kelembagaan ?
– Apakah lembaga secara rutin sudah melakukan kegiatan pertemuan
orangtua murid dan guru ?
– Frekuensi pertemuan berapa kali dalam 1 semester.
– Permasalahan yg dihadapi tentang kegiatan pertemuan dengan orangtua ?
– Apa pendapat Bp/Ibu tentang “Program Penguatan PAUD Berbasis
Keluarga”?

Setelah diisi lengkap lembar profil orangtua murid akan dijadikan bahan kegiatan selama “PROGRAM PENGUATAN PAUD BERBASIS KELUARGA”.

B. MATERI KEGIATAN

Materi kegiatan dapat menggunakan sarana pendukung :
1). Media komunikasi dengan :Papan tulis, penghapus, kapur tulis, spidol,
poster/gambar/leaflet/booklet, perangkat audio visual (LCD projector + komputer; pemutaran film, DVD, radio dan televisi) dan media lain yang mendukung
2). Sound system

Kalau dengan perangkat komputer, maka biasanya menggunakan program MS-Powerpoint atau program lainnya.

PTM KE : MATERI
1 Pendataan sasaran, sumber2 pendukung dan Sosialisasi Program Penguatan PAUD Berbasis Keluarga
2 Kebijakan pemerintah dalam program “Penguatan PAUD Berbasis Orangtua”
3 Anak dan masalahnya dalam keluarga
4 Pengenalan Tentang Tumbuh Kembang Anak Usia Dini
5 Pengenalan pembelajaran dg “Learning by playing” untuk anak usia dini
6 Pengenalan pola pengasuhan anak usia dini
7 Fungsi Gizi dan kesehatan fisik anak usia dini
8 Penguatan perilaku anak melalui keteladanan orangtua
9 Memperdayakan bahan limbah rumah tangga untuk media pembelajaran anak usia dini
10 Mengenal dan memahami penyakit yang sering muncul pada anak
Sebenarnya isi tema/materi adalah dapat berubah sesuai hasil kesepakatan antar peserta parenting

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s