5. KUNJUNGAN RUMAH

1. Pengertian
Kunjungan rumah adalah kegiatan silaturahmi antar orangtua atau pengelola/pendidik ke rumah orangtua yang bertujuan untuk mempererat hubungan, menjenguk, atau dalam rangka memberi/meminta dukungan tertentu yang dilakukan secara kekeluargaan.

Kegiatan ini tidak semata-mata untuk melakukan supervisi terhadap perilaku orangtua di rumah dalam hubungannya dengan anak usia dini akan tetapi lebih pada upaya untuk mendorong kedekatan antara lembaga pendidikan dengan keluarga, diantara keluarga, dan diantara anggota keluarga.

2. Tujuan
a. Menjalin silaturahmi antara keluarga dan lembaga pendidikan anak usia dini.
b. Menggali informasi tentang pola-pola pendidikan orangtua dalam keluarga.
c. Menemukan pemecahan masalah secara bersama-sama terhadap masalah yang dihadapi oleh orangtua di rumah.

3. Pengelolaan
Kegiatan ini dirancang oleh pengelola program penguatan PAUD berbasis keluarga sebagai kegiatan insidental sesuai dengan kebutuhan. Kegiatan dilakukan oleh tenaga pengelola, pendidik dan orangtua lain. Dalam kunjungan rumah ini diusahakan peserta yang ikut dalam kunjungan rumah tidak lebih dari 3 orang (1 orang pengelola, 1 orang tenaga pendidik, dan 1 orang perwakilan orangtua). Hal ini untuk menghindari agar orang uang dikunjungi tidak merasa terbebani/direpotkan. Kegiatan ini dilaksanakan sekitar 1 jam.

4. Sasaran Kegiatan
Kegiatan ini tidak saja diperuntukkan untuk orangtua, tetapi untuk seluruh anggota keluarga yang serumah, misalnya : ibu, ayah, kakak, nenek, kakek, baby sitter, pembantu, dan anggota keluarga lain yang tinggal serumah dengan anak usia dini.

5. Pendekatan/Sasaran Kegiatan
Kunjungan rumah dapat dimulai dengan obrolan ringan dn dilanjutkan dengan membahas berbagai pola pendidikan anak yang dilakukan orangtua. Dalam kegiatan ini dibiarkan orangtu yang mencari jawabannya sendiri. Saran hanya diberikan jika diminta atau jika suasananya memungkinkan, sehingga tidak terkesan menggurui. Keluarga lain yang ikut serta dalm kunjungan rumah dapat berperan menjadi orang yang sedang belajar atau menjadi narasumber.

6. Tahapan kegiatan
a. Pengelola melakukan identifikasi keluarga-keluarga yang akan dikunjungi.
b. Pengelola melakukan kontak/komunikasi dengan keluarga yang akan dikunjungi
dengan menjelaskan maksud dan tujuan kunjungan, waktu yang dibutuhkan, dan
proses kegiatan yang akan dilaksanakan.
c. Pengelola menyiapkan sarana dan prasarana yang dibutuhkan berupa lembar
pengamatan atau alat-alat dokumentasi lainnya.
d. Pengelola dan pendidik memperkenalkan diri dan menjelaskan maksud dan tujuan
kegiatan kepada semua anngota keluarga yang ada.
e. Pengelola dan pendidik mengajak keluarga untuk berbagi pengalaman tentang
hal-hal yang terkait dengan perawatan, pengasuhan, dan pendidikan untuk anak-
anak dalam keluarga.
f. Pengelola dan pendidik mengajak orangtua untuk melakukan permainan bersama
anak di dalam keluarga dengan mengoptimalkan alat permainan edukatif yang ada
dalam keluarga.
g. Pengelola dan pendidk mengajak keluarga untuk merefleksikan apayang sudah
dilakukan saat itu.
h. Pengelola melaukan evaluasi kegiatan dengan aspek yang diuji sekurang-
kurangnya : waktu yang diperlukan, kredibilitas narasumber, pendekatan,
kunjungan dan partisipasi orangtua.

About these ads

One response to “5. KUNJUNGAN RUMAH

  1. Ping-balik: KEGIATAN PENGUATAN PAUD BERBASIS KELUARGA (PARENTING) « KBM NU Karangdadap

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s